Friday, February 28, 2014

Definisi Lowongan Kerja

Lowongan Kerja adalah sebuah kata yang sangat umum didengar dalam percapakan orang dewasa. Dua kata tersebut seakan telah menjadi bahan pembicaraan yang wajib diutarakan dalam setiap kesempatan. Tak hanya orang dewasa, para remaja pun sering membicarakan mengenai Lowongan Pekerjaan dalam percakapannya bersama teman-temannya. Namun tahukah anda definisi mengenai Lowongan Kerja?

Kata "Lowongan Kerja" tidaklah terlalu rumit untuk dipahami. Dua suku kata tersebut memiliki arti yang sangat sederhana yaitu: "Kesempatan Kerja". Namun dalam praktek dan teori, dua kata tersebut juga memiliki arti "kesempatan kerja yang disediakan untuk individu atau kelompok yang memenuhi syarat tertentu".

Lowongan Pekerjaan
Definisi tentang Lowongan Kerja
Jadi pada dasarnya Lowongan Kerja adalah Sebuah kesempatan kerja pada posisi tertentu di instansi atau tempat usaha yang tersedia untuk individu maupun kelompok yang telah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.

Kesempatan bekerja pada posisi atau Jabatan tertentu dalam hal ini memiliki arti yang cukup sederhana. Setiap lowongan kerja akan mencantumkan jenis pekerjaan beserta posisi/jabatan yang bisa dipilih oleh para pencari kerja. Dalam konteks ini, pencari kerja bisa memilih posisi atau jabatan tertentu yang sesuai dengan bakat dan keahlian yang dimilikinya.

Adapun Individu atau kelompok bisa berarti perorangan ataupun beberapa orang yang tergabung dalam suatu wadah atau organisasi. Bersifat perorangan jika Lowongan tersebut hanya untuk individu yang memiliki keahlian tertentu. Adapun bisa bersifat kelompok jika mencantumkan persyaratan bahwa lowongan kerja tersebut hanya diperuntukkan pada individu yang tergabung dalam kelompok/wadah/lembaga tertentu. Dalam praktek kesehariannya, Lowongan Kerja per-individu dijabarkan sebagai kesempatan kerja untuk perorangan.

Instansi ataupun tempat usaha dalam hal ini berarti jenis usaha mandiri, badan usaha ataupun lembaga baik itu bersifat formal maupun non formal yang memberikan kesempatan kerja pada orang lain yang memiliki keahlian sesuai dengan bidang yang dibutuhkan.

Adapun Jenis Usaha Mandiri bisa diartikan sebagai pertokoan, Usaha kecil dan menengah serta sektor lainnya. Badan Usaha berarti sektor usaha dan industri yang memiliki perijinan di pemerintahan. Pabrik dan Perusahaan merupakan contoh sederhana dari badan Usaha. Adapun lembaga atau instansi bisa berarti Sekolah, Universitas, perbankan dan lain sebagainya.

Dari penjelasan singkat diatas, bisa disimpulkan jika kata Lowongan Kerja pada dasarnya hanyalah kata lain dari 'Kesempatan Kerja'. Adapun definisi yang lebih panjang diatas merupakan penjabaran berdasarkan pengertian umum yang bertujuan memudahkan masyarakat umum dan akademisi untuk lebih memahami kata tersebut berdasarkan pendekatan ilmu pengetahuan dan teori.

Setelah kita memahami arti dan pengertian serta kesimpulan dari dua suku kata Lowongan Kerja, ada baiknya kita juga mengetahui alasan mengapa para remaja dan orang dewasa sering membahasnya. Berikut ini adalah sedikit ulasan dari sudut pandang penulis mengenai fenomena tersebut. Para remaja dan orang dewasa menyadari betul pentingnya bekerja untuk menjaga kelangsungan hidup serta menjamin kesejahteraan diri dan keluarganya. Pekerjaan merupakan sebuah cara yang bisa mewujudkan hal tersebut. Dengan berbekal semangat dan keahlian yang telah dipelajari, mereka berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Untuk meraih pekerjaan tersebut, maka mereka pun dengan sigap mencari Lowongan Pekerjaan pada setiap tempat. Selain sebagai ajang silaturahmi, salah satu sifat dari pembicaraan adalah pertukaran informasi. Adapun Lowongan Pekerjaan menjadi hal yang cukup sering dibicarakan karena sebuah pekerjaan bisa diraih setelah menemukan informasi mengenai adanya lowongan Kerja di tempat atau instansi tertentu. Tanpa adanya informasi mengenai Lowongan Kerja, sepertinya akan sulit bagi para Pencari Kerja untuk menemukan tempat yang tepat bagi dirinya. Itulah mengapa Lowongan Kerja menjadi komoditas penting untuk dibicarakan dalam berbagai kesempatan.

Moch Rifai
Moch Rifai

Seorang warga Kota Tuban yang senantiasa berusaha menyampaikan informasi mengenai Lowongan Kerja.

Post a Comment

Powered by Blogger.